Selasa, 25 Maret 2008

keyakinan guru matematika

JELAJAH Sosial

KEYAKINAN GURU TENTANG PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Vitriyani Pryadarsina

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidaklah terlepas dari faktor keberadaan guru sebagai pengajar di kelas. Guru yang memiliki pengharapan yang tinggi terhadap kebehasilan belajar siswanya akan mempengaruhi sikapnya sebagai pengajar yang baik bagi siswanya. Ford ( 1994 ) menegaskan pendapat Berliner (1976) bahwa intervensi guru dengan siswanya dalam proses belajar mengajar, menunjukkan hasil yang berarti dalam mempengaruhi belajar siswanya. Good dan Brophy ( 1990,h. 443 ) menyatakan bahwa pengharapan guru (teacher expectations) adalah bagaimana guru menciptakan prestasi akademik saat kini dan pada waktu yang akan datang dan tingkah laku siswanya secara umum. Harapan guru tersebut meliputi keyakinan guru (teachers belief) terhadap peningkatan kemampuan siswa, potensi siswa dalam memahami instruksi, dan kesulitan materi yang dihadapi siswa atau kelas.


Tidak ada komentar: